Rangkaian kegiatan Haul Syekh Jalaluddin Rahmatullah PUYANG KARANG ENIM dan memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444

        Rangkaian kegiatan Haul Syekh Jalaluddin Rahmatullah PUYANG KARANG ENIM dan memperingati Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1444 H di Masjid Agung Muara Enim yang di hadiri langsung Bapak H. AHMAD USMARWI KAFFAH SH. LL.M., L.LM, PhD, Pj. Sekda Muara Enim H. Riswandar.SH. MH, Forkopimda, Kabag,Ketua TP. PKK Muara Enim, Ketua Dharma Wanita Persatuan Muara Enim, Ketua Yayasan Masjid Agung Muara Enim dr. H. Yan Riyadi. Mars beserta Pengurus, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Para Habib, Majlis Taklim, Pondok Pesantren, Ormas, Tokoh Pemuda, Jamaah Masjid Agung, Warga Kemayoran dan Masyarakat diseputaran Muara Enim Sabtu 25/02/2023.

        Dalam sambutannya Bupati Muara Enim sangat mengapresiasi dan merasa bangga apa yang telah dilaksanakan oleh Para Zuriyat dan panitia pelaksana Haul Syekh Jalaluddin Rahmatullah PUYANG KARANG ENIM, dimana kegiatan ini selain menjalin silaturahmi juga dapat mengenal dan mengenang sosok Penyebar Agama Islam Pertama di Kota Muara Enim. Bagaimana perjuangan syekh Jalaluddin Rahmatullah bersama para Ulama yang saat itu ikut mendampingi beliau begitu sulit dan banyak tantangan untuk menyebarkan agama Islam ini, apalagi saat itu, di Muara Enim ini masih hutan belantara, banyak binatang buas serta belum banyaknya orang-orang yang memeluk agama Islam.
Jadi kita yang saat ini masih diberikan kesempatan dan dapat menikmati perjuangan para Ulama khususnya Syekh Jalaluddin Rahmatullah patut mensyukuri atas jerih payah dan perjuangan ulama ini. Begitupun perjuangan dari Syekh Jalil Cakra Birawa (Puyang Kemping) yang sampai saat masih dikenal dengan Marga Tambelang Marga TEMBLANG PATANG PULUH BUBUNG (40 Bubungan Rumah) Jadi saya berharap sekali apa yang telah dilaksanakan ini dapat terus dijaga, dirawat dan bila perlu dilakukan Haul Syekh Jalaluddin Rahmatullah setiap tahunnya. Dan untuk mengenang jasa Syech Jalaluddin Rahmatullah ini, saya akan mendukung apabila dari para Zuriyat dan Pengurus Yayasan Masjid Agung Muara Enim untuk kita berikan nama Masjid Agung ini, Masjid Agung SYEKH JALALUDDIN.        

            Selanjutnya acara diisi dengan rangkaian kegiatan pembacaan Manaqib / sejarah singkat Syekh Jalaluddin Rahmatullah (diperkirakan kurang lebih Tahun 1312 M - 1422 M), pembacaan Maulid Simtudurror, dan penyampaian tausiyah dari Ust. Ali Mursyi Abdul Rasyid. S.Ag. M.Bus (menyampaikan perjalanan syekh Jalaluddin Rahmatullah) dari Mekkah, ke Malaka dan terakhir sampai di Muahe Hening (Muara Enim) yang Makam nya terletak di Jl. Lintas Tanjung Enim / Samad Kelurahan Pasar 1 Muara Enim yang sekitar 300 M berdekatan dengan Makam Syekh Jalil Cakra Birawa (Puyang Kemping).
Diakhir acara ditutup dengan doa Khatam Quran oleh Ust. Bakrin Abu Syahat El-Ghomidi Al Hafidz dan dilanjutkan makan malam bersama.