Apresiasi Festival Kulintang, Herman Deru Sebut Pentingnya Merawat Kearifan Lokal Sumsel

Gubernur Sumsel H Herman Deru memberikan apresiasi kepada semua pihak terkait atas digelarnya Festival Kulintang (Kuliner Talang Kepuh) di Kelurahan Talang Kepu Kecamatan Gandus Palembang, Sabtu (11/12).

Menurut Bapak Terinovatif itu Festival Kulintang kali ini sungguh luar biasa karena untuk mempertahankan kuliner-kuliner palembang mulai dari jajanan jaman bingen hingga kebudayaan.


“Kita boleh menjadi manusia modern tapi tidak memodernisasi kearifan lokal Kita. Kita boleh bergaul secara modern tapi tidak memodernkan pergaulan kita,” ucapnya

Bapak Pembangunan ini juga mengenang bahwa wilayah Talang Kepuh ini sangat bearti bagi dirinya karena kedekatan dengan masyarakat begitu erat.

Pembukaan Festival Kulintang ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Sumsel Herman Deru ditandai dengan permainan bintang tujuh dan melemparkan bola. Kemudian dilanjutkan Memainkan Ular Tangga.

Pada kesempatan ini orang nomor satu di bumi sriwijaya ini juga meninjau stand-stand yang menhadirkan jajanan jaman bingen.

Festival Kuliner ini digelar mulai dari tanggal 11 hingga 12 Desember 2021 dengan menghadirkan
Pameran kuliner masa kecil, permainan anak, pindang tangkep, pameran bunga anggrek, lomba memasak (kreasi jajanan anak sekolah jadoel) dan lomba mewarnai.

Kemudian lomba membuat bouquet bunga, lomba makanan kerupuk dan membuat gulo palu, pelatihan membuat pudding art jelly serta pelatihan merangkai papan bunga. [dbm]

sc: Indopolitika.com