Bupati Musi Rawas Menyerahkan Langsung Hadiah kepada Pemenang Festival Lan Serasan Sekentenan

Musi Rawas _ Festival Lan Searasan Sekentenan tahun 2021 diikuti oleh pelajar yang ada di Kabupaten Musi Rawas dan masyarakat umum. Peserta yang mendaftar sebanyak 25 peserta yang terdiri dari 3 kategori yang di perlombakan yaitu: Lomba Film Pendek & Teater, Lomba Gitar Tunggal, dan Lomba Pantun. Seluruh karya yang telah didaftarkan telah dilakukan penjurian pada hari selasa (21/9).

Bupati Musi Rawas Hj Ratna Macmud meyerahkan langsung hadiah kepada para pemenang festival Lan Serasan Sekentenan di Kontor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas (Kamis 23/9). Bupati juga menyampaikan bahwa kebudayaan di Kabupaten Musi Rawas harus dilestarikan. Seperti dalam sambutannya diacara penyerahan hadiah “ Kita sangat mendukung adanya pelestarian kebudayaan di kabupaten Musi Rawas, melalui Festival Lan Serasan Sekentenan ini” beliau juga berharap para pemenang dapat terus melestarikan budaya lama yang ada serta kearifan budaya Musi Rawas.



Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Syamsul Joko Karyono, SH menjelaskan bahwa  Festival Lan Serasan Sekentenan sendiri merupakan bagian dari Pekan Kebudayaan Daerah yang menjadi bukti dukungan Kabupaten Musi Rawas terhadap kemajuan budaya yang ada di Kabupaten Musi Rawas. Sebelumya pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 18 Agustus hingga 20 September 2021. Pada festival kali ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas terpaksa melaksanakan dengan metode pengirima karya dikarenakan Pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Sebanyak 12 peserta keluar sebagai pemenang yang terdiri dari juara 1,2 & 3 serta juara favorit oleh dewan juri yang berkompeten dibidangnya yaitu :

Lomba Gitar Tunggal

1. Juara I

H Abusuni Ali (Kec.Muara Kelingi)

2. Juara II

Gopar (Desa Rantau Serik Kec. TPK)

3. Juara III

Desa Margoyoso

4. Favorit

Tarmizi (Desa Sumber Asri)

Lomba Film Pendek & Teater

1. Juara I

SMA N 8 Musi Rawas (Mandi Kasai)

2. Juara II

Kecamatan Jayaloka (Turak Bebise)

3. Juara III

SMA N Tugumulyo (Aksara Ulu)

4. Favorit

SMA N 9 Musi Rawas (My Culture – My Identity)

Lomba Pantun

1. Juara I

SMA N Kecamatan Tugumulyo

2. Juara II

Samsuri (Desa Paduraksa Kec. STL Ulu Terawas)

3. Juara III

SMA 8 Musi Rawas

4. Favorit

H. Hosdi (Kec. Tiang Pumpung Kepungut)