Dalami Cara Pelestarian Budaya dan Museum Disdikbud Muba Belajar Ke Jambi


Sekayu, Musi Banyuasin - Guna mempelajari tentang cara pelestarian Kebudayaan, perlindungan dan pemanfaatan cagar budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Musi Banyuasin mengunjungi Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V Provinsi Jambi.

Kepala Disdikbud Kabupaten Muba, Drs. Iskandar Syahriyanto, MH, melalui Kabid Kebudayaan, Muardi, S.Pd, MM, mengungkapkan bahwa pihaknya memang masih perlu banyak belajar tentang bagaimana menyelamatkan beragam kebudayaan dan cagar budaya yang ada di Musi Banyuasin.


"Pada kesempatan ini, kita berkunjung dan belajar langsung dengan pihak balai Pelestarian Kebudayaan yang ada di Provinsi Jambi." katanya.


Dikesempatan yang sama pihaknya juga melakukan kunjungan Koordinasi dan Konsultasi Ke Museum Siginjai (Museum Negeri Provinsi Jambi) terkait Tata Kelola Museum serta
Melaksanakan Kunjungan ke Kawasan Cagar Budaya Nasional (KCBN) Candi Muaro Jambi.

"Sambil menyelam kita minum air,, pepatah ini yang tepat atas apa yang sedang kami lakukan di Provinsi Jambi, karena tidak sekedar belajar tentang kebudayaan tapi juga tentang bagaimana mengelolah museum." ungkapnya.


Ia juga menuturkan bahwa dirinya kedepannya bukan hanya sekali tetapi akan terus melakukan study ke daerah lain yang menurutnya bisa menjadi tempat untuk belajar, mengingat tidak mudah untuk bisa menjaga kebudayaan yang ada di setiap desa dalam kabupaten Musi Banyuasin.

"Belajar seperti ini sangat penting, dengan pengetahuan baru tentu saja langkah-langkah yang bisa di ambil untik melestarikan kebudayaan bisa terlaksana dengan baik." ucapnya.

tim perjalanan dinas ditemui langsung oleh Kristanto Januardi, S.S. Selaku Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VI dan Ibu Sri Mulyati,SS. Dari Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah V Provinsi Jambi