Danau Ranau

            Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba di Sumatera Utara. Selain itu Danau Ranau juga berbatasan langsung dengan Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung. Danau Ranau ini terletak di tiga kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Ketiga kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Banding Agung, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah, dan Kecamatan Warkuk Ranau Selatan. Daya tarik wisata dari danau ini antara lain adalah danau itu sendiri serta panorama yang indah terbentang. Aktifitas yang dapat dilakukan wisatawan di Danau Ranau saat ini adalah fotografi, berperahu, memancing, menikmati panorama, olahraga, dan tentunya berenang dan bermain air di tepi danau.

            Danau Ranau berjarak ± 55 KM dari pusat kota Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yaitu Kecamatan Muara Dua. Kondisi jalan akses menuju Danau Ranau terbilang kurang memadai di karenakan jalan yang sempit serta kondisi jalan yang kurang baik karena banyak lubang lubang yang bertebaran sepanjang jalan menuju Danau Ranau Dari Kecamatan Muara Dua. Lebar jalan akses dari Kecamatan Muara Dua berkisar ± 6 – 8 M. Jalan ini akan di rasa kurang memadai pada saat saat musim liburan, hal tersebut di karenakan jalan akan di padati dengan kendaraan wisatawan yang ingin berkunjung ke Danau Ranau. Dalam kemudahan akses daya tarik wisata Danau Ranau ini terbilang cukup mudah karena terdapat paling tidak 8 kendaraan umum yang melayani jasa angkutan dari Muara Dua menuju daerah di sekitar Danau Ranau. Selain melalui Muara Dua yang mana sebagai pusat kota Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Danau Ranau dapat di akses melalui Kabupaten Lampung Barat.

        Dari sisi prasarana dan sarana penunjang, Danau Ranau terbilang cukup memadai hal tersebut di karenakan adanya sistem listrik yang tersedia hampir di semua kawasan daya tarik Danau Ranau. Mudahnya komunikasi dengan selular juga menjadi tambahan kemudaha bagi wisatawan yang datang berkunjung.

        Sarana wisata yang tersedia di Kawasan Danau Ranau antara lain terdapatnya akomodasi, fasilitas makan dan minum, area parkir, gerbang, WC umum, shelter, menara pandang, dan juga penyewaan penyewaan seperti penyewaan peralatan olahraga air menjadikan kawasan ini memiliki sarana wisata yang cukup lengkap untuk mengakomodir kebutuhan wisatawan.