Desa Perapau asal usul makam " Puyang Tuan "

Desa Perapau “ Puyang Tuan “
Tahukah Sobat Pemidang, Desa Perapau merupakan awal mula terbentuknya Semende Darat Laut, ditemukan oleh Leluhur atau yang biasa disebut Puyang bagi masyarakat Semende. Desa Ini merupakan Desa pertama dan paling tertua di daerah Dataran Tinggi Kecamatan Semende, Kabupaten Muara Enim.

Asal mula Desa Perapau dikisahkan pada zaman penjajahan Belanda, ditemukan pertamakali oleh Puyang yang sedang berperahu lalu singgah di satu tempat, ditempat singgah inilah beliau menemukan buah yang dinamainya buah Perapau.
Salah satu keunikan di desa perapau terdapat Rumah Baghi atau Rumah Lampau warisan dari turun menurun keturunan Puyang Tuan dan Puyang Ratu dengan autentik ciri khas elips dengan ukiran kearifan lokal pada zaman lampau.

Rumah baghi ini adalah rumah warisan milik nenek Rumiyah yang merupakan asli keturunan Puyang Tuan dan merupakan Tunggu Tubang dari silsialh keluarga puyang tuan. Dirumah ini masih tersimpan dengan apik barang-barang peninggalan zaman Puyang tersimpan di dalam peti beberapa diantaranya Kris dan Pedang, benda-benda dipercaya sebagai alat untuk berperang pada jaman dahulu kala dan wajib di jaga serta harus menetap di Desa Tersebut.

Dengan demikian Desa Perapau ini memiliki nilai budaya yang sangat asri dan nilai edukasi dari sejarah yang patut kita ketahui agar bisa menjaga dan melestarikan keberagaman adat dan budaya kita.

Narasumber : ibu Rumiyah (wawancara)
Photo by @khalifedu
Liputan by Tim Bidang Pemasaran Pariwisata
Source : Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Muara Enim