Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.OKI Berpartisipasi Dalam Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera Selatan Tahun 2023

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ogan Komering Ilir berpartisipasi dalam Pekan Kebudayaan Daerah Sumatera Selatan Tahun 2023 di Atrium OPI Mall dengan menampilkan Tari Gadis dan Congklak Lama dan Lagu Daerah Sumatera Selatan “Melati Karangan”.


Tari Gadis dan Congklak Lama adalah salah satu tarian kreasi melayu yang diangkat dari kehidupan sehari-hari, di kala anak gadis riang gembira untuk bermain. Adapun permainan yang sering dimainkan adalah congklak, congklak sendiri permainan tradisional yang dimainkan dua orang dengan memakai sebuah papan congklak yang memiliki lubang 12 sampai 16 lubang dengan lubang utama dua lubang. Selain itu permainan congklak juga menggunakan biji bijian, atau pun kulit kerang dan atau batu kerikil. Gadis gadis lain bergembira menyaksikannya, permainan ini sudah cukup jarang ditemui, dan melalui tari gadis dan congklak lama ini, merupakan bentuk pelestarian permainan tradisional congklak melalui seni tari.


Selain itu Kabupaten Ogan Komering Ilir juga menampilkan Lagu Daerah Sumateran Selatan “Melati Karangan yang dibawakan oleh Tasya Nurhabibah.