Dongkrak Minat Generasi Muda, Ogan Ilir Luncurkan Program Petani Milenial

Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar secara resmi meluncurkan program unggulan daerah di bidang pertanian yaitu “Petani Muda Ogan Ilir Bangkit” di Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Senin (5/12/2022).

Program 'Petani Muda Ogan Ilir Bangkit' pada tahun ini mengusung tema "Menjadi Agrotechnopreneur, Bertalenta digital, dan Berbasis Kearifan Lokal."

Sekitar 400 petani milenial yang tersebar di 16 Kecamatan di kukuhkan oleh Bupati Ogan Ilir, dengan ketua yang baru saja dilantik yaitu Andri Hidayat. Lebih lanjut, program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit 2022 ini nantinya akan berkelanjutan, sehingga dapat mewujudkan Ogan Ilir Bangkit melalui aktivitas ekonomi yang dihasilkan oleh para petani muda.    

"tujuan dibentuknya petani milenial adalah untuk mengubah paradigma dan menumbuhkan rasa optimis jangan sampai petani menjadi pilihan terakhir. Profesi petani ini merupakan pilihan terakhir para kaum milenial oleh karena itu saya ingin mengubah paradigma di masyarakat bahwa menjadi seorang petani jangan malu banyak orang yang latar belakang petani bisa sukses" ujar Panca. 

Panca juga menyatakan bahwa di kabupaten Ogan Ilir memiliki sumber daya alam yang luas dan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Untuk permasalahan pemasaran cukupi terlebih dahulu didalam desa barulah kita isi di dalam kota Ogan Ilir karena, sangat strategis dekat dengan ibu kota provinsi Sumsel yaitu kota Palembang jangan sampai yang mengisi pasar-pasar di sini justru hasil pertanian yang dari luar Kabupaten maupun luar provinsi jadi targetnya itu. dulu, "ujarnya.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru sangat mengapresiasi launching petani muda Ogan Ilir bangkit ini karena berada di tempat yang tepat yaitu, di kabupaten Ogan Ilir dimana, "Bupati paling muda di Sumsel," ujarnya. 

Herman Deru juga berharap, semoga dengan adanya petani milenial ini dapat menularkan jiwa enterpreneur kepada masyarakat luas dengan menanamkan sikap kedisiplinan yang dimulai dari sekarang. 

Sementara itu, staf khusus Presiden RI bidang pendidikan, inovasi dan luar daerah, Billy Mambrasar, berharap, gerakan Petani Muda ini bisa berkelanjutan. Sehingga keinginan Presiden RI, Joko Widodo, untuk menjadikan Indonesia mandiri pangan dapat terwujud. "Yang dilakukan Bupati Ogan Ilir ini sesuai dengan visi misi Presiden, untuk menambah jumlah Petani Muda atau SDM muda dimana saat ini presentasinya sangat kecil," jelasnya. 

Billy juga mengatakan bahwa, sekitar 1 juta petani muda yang sudah membayar. Tambahan dari Kabupaten Ogan Ilir ini, “hendaknya bisa berkelanjutan,” harapnya.