Festival Lan Serasan Sekentenan (FLSS) Tahun 2022 Resmi Dibuka Oleh Wakil Bupati Musi Rawas

Festival Lan Serasan Sekentenan merupakan Kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah yang dilaksanakan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas. Tahun ini dilaksanakan dengan tema” Pelesatarian Kebudayaan Daerah Musi Rawas” (Kearifan Budaya Lokal). Festival Lan Serasan Sekentenan tahun ini diadakan dengan 3 cabang lomba yaitu: Lomba Teater, Lomba Lagu Daerah dan Lomba Paduan Suara.


Wakil Bupati Musi Rawas, Hj. Suwarti dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian budaya lokal. Beliau juga berharap masyarakat termotivasi untuk  ikut melestarikan seni dan budaya lokal. Beliau langsung membuka acara dengan pemukulan alat Musik Doll bersama dengan Penasehat Adat Kabupaten Musi Rawas.


Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas Syamsul Joko Karyono dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan diadakannya Festival Lan Serasan Sekentenan adalah untuk Memotivasi, melesatrikan serta mengembangkan potensi seni dan budaya. “ Maksud dan tujuan yaitu untuk menggali, melestarikan , membina serta mengembangkan potensi yang tersebar di 14 Kecamatan di Kabupaten Musi Rawas”.


Festival Lan Serasan Sekentenan Sendiri diadakan selama 2 hari mulai 21 sampai dengan 22 September Tahun 2022. Hari pertama dibuka dengan Lomba Teater dan Lomba Paduan Suara, sedangkan hari kedua akan diadakan Lomba Lagu daerah. Pembukaan sendiri menampilan sanggar seni yang ada di Kabupaten Musi Rawas salah satunya Seni Pencak Silat Pasundan (Cimande). Turut hadir dalam acara ini Kapolres Musi Rawas yang diwakili oleh Kabag Sumda Kompol Horison Manik, Perwakilan Kepala OPD serta Para Pemangku adat di 14 kecamatan yang Ada di Kabupaten Musi Rawas.