Festival Seni Tradisional 2022, ini Daftar Pemenangnya

SEKAYU - Festival Seni Tradisional tahun 2022 sukses dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Muba Kamis (4/8/2022). Pada ajang tahunan itu bakal-bakal baru dari kalangan para pelajar nampak bermunculan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Islandar Syahriyanto, MH, melalui Sekretaris, Muhamad Ridho, ST, M. Si,mengatakan bahwa tahunan ini untuk meningkatkan kreatifitas anak muda Musi Banyuasin dalam bidang seni budaya dalam membentuk penciptaan karya kreatif.

"Di era sekarang anak muda di tuntut untuk kreatif dalam hal-hal positif, karena persaingan baik itu anak muda, pelajar sangat ketat. Kegiatan ini menjadi salah satu upaya pemerintah Kabupaten Muba dalam meningkatkan kreatifitas anak muda,"katanya.

Selain itu, juga mendukung program pemerintah dalam memajukan kebudayaan khususnya dalam bidang seni budaya. "Kemudian menggali seni, budaya, adat, tradisi dan kearifan lokal melalui media baru,"ungkapnya.

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud, H. Muardi, S.Pd, MM menyampaikan ada 6 cabang perlombaan pada festival seni tradisional tahun 2022.

"Lomba tari tradisi burung putih, lomba akustik lagu daerah, lomba fotografi tema budaya, tema video vlog tema budaya, lomba monolog cerita rakyat Musi Banyuasin dan lomba baju adat,"katanya.

Adapun pemenang dalam festival seni tradisional yaitu. untuk lomba tari tradisi burung putih, juara pertama group Dara Stage dari SMPN 1 Sekayu, juara 2 group Sanggita SMPN 6 Unggul Sekayu, juara ketiga Rio Samar SMPN 3 Babat Toman.

Perlombaan Videp Vlog, juara pertama Waskiot dengan judul Pesona Danau Ulak Lia, juara kedua Bunga Zulaika Noperiks dengan judul vlog Me & Diversity dan juara ketiga Kusuma Ningrum dengan judul vlog Kerajinan Ukir Bambu.

Kemudian lomba monolog cerita rakyat Muba, juara pertama Anggara Firga Pradivta dengan judul Bukit Pendape, juara kedua Ardava Farel Pranata dengan judul Legenda Danau Ulak Lia dan juara ketiga Tasya Amelia dengan judul Legenda Sumpah Puteri Rambut Salaka.

Pada lomba fotografi, juara pertama Muhamamd Ariska dengan judul foto Kuntau Macan Punjung, juara kedua Linda Lestari judul foto Nagkul Iwak dan juara ketiga Rian Pratama Merdekawan judul foto Antisipasi Petani Terhadap Hama Keong Pada Lahan Persawahan.

Selanjutnya lomba akustik lagu daerah, juara pertama Pragmatic band, juara kedua Rise Star Band dan juara ketiga Wings Band.

Sedangkan lomba baju adat, juara pertama, Albet dan Yulia Yudi Sartika dari Kecamatan sekayu dengan baju adat bengian. juara kedua Syaiful Arifin dan Halima Ayu Fadhila dari Kecamatan Lawang Wetan baju adat Mintek Suke Bengian Bumiayu dan juara ketiga Surya Alhafizh dan Dissa Hesti Pratiwi dari Kecamatan Babat Toman dengan baju adat Gambo Sibori Sisik Ikan.