Festival Teater Sumatra 2021

Belasan Teater di Sumatera akan Narasikan Jalur Rempah di Palembang


Indonesia saat ini tengah memperjuangkan sejarah kemaritiman Nusantara yang dikenal dengan nama “Jalur Rempah” agar ditetapkan sebagai Jalur Budaya Warisan Dunia oleh UNESCO.

 

Terkait hal tersebut, sejumlah kelompok teater di Sumatera yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Bengkulu, yang akan menampilkan sejumlah karya terkait Jalur Rempah dalam Festival Teater Sumatera atau FTS 2021 bertema “Sriwijaya dalam Jejak Rempah”, yang akan digelar di Taman Budaya Sriwijaya, Palembang, pada 11-13 November 2021 mendatang.


Berbagai kelompok teater yang akan tampil dalam FTS 2021 itu antara lain Teater Tonggak (Jambi) dengan karya “Tuah Hidang yang Hilang”, Komunitas Berkat Yakin (Lampung) dengan “Nusantara: Amnesia”, Teater Hitam Putih (Sumatera Barat) dengan “Keluarga Mi Instan”, Teater Potlot (Sumatera Selatan) dengan “Ku-Tuk”, Teater Senyawa (Bengkulu) dengan “Meja Makan”, Dewan Kesenian Belitung (Bangka-Belitung) dengan “Bergerak dari Selatan”.


Selain itu, Suku Seni Riau (Riau) dengan “The Terubuk”, Komunitas Seniper Unimed (Sumatera Utara) dengan “Rengkah”, Teater Umak (Sumatera Selatan) dengan “Ayunan Umak”, Studi Teater (Sumatera Selatan) dengan “Tubuh Damar”, Teater Teriax (Sumatera Selatan), serta Rumoh Seni Glinyoeng Art [Aceh Darussalam] dengan “Hikayat Tubuh Rempah”. sc: suarasumsel.id