Grand Final Pemilihan Bujang Gadis Kabupaten PALI (BGP) tahun 2023

Grand Final Femilihan Bujang Gadis PALI tahun 2023


PALI - Grand Final Femilihan Bujang Gadis PALI tahun 2023 merupakan puncak rangkaian HUT PALI ke – 10. Acara dilaksanakan di Gedung Arsendora Komperta Pendopo, Rabu (3/5/23)


Pada kegiatan tersebut langsung dihadiri oleh Bupati Penukal Abab Lematang Ilir Bapak Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten PALI Ibu Sri Kustina, selain itu juga hadir perwakilan dari Prokopimda, BUMN, BUMD, Camat, Pemangku Adat, Dewan Kesenian, Komunitas dan juga masyarakat yang datang langsung untuk mendukung Putra-Putri yang akan menjadi Duta Pariwisata, Kebudayaan dan Pendidikan.

Dalam sambutan Bupati Penukal Abab Lematang Ilir Bapak Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM menyampaikan pesan agar semua finalis BGP 2023 terus berpacu dalam mengejar prestasi dengan mempromosikan potensi daerah kepada masyarakat luar bahwa kabupaten PALI memiliki potensi yang besar serta akan keberagamaan budaya serta kearifan lokal.

Menurut beliau, ajang pemilihan Bujang Gadis PALI merupakan momen generasi muda memberikan kontribusi terbaik bagi daerah, beliau juga menyampaiakan banyak hal yang dapat dilakukan setalah menjadi Ikatan Bujang Gadis PALI. Nantinya mereka akan membuat program kerja dalam mendukung setiap program/kegiatan terutama di bidang Pariwisata, Pendidikan dan Kebudayaan.

“Banyak hal baik yang bisa kita lakukan setelah terpilih menjadi Bujang dan Gadis PALI tahun 2023. Jadi tetap optimis dan teruslah berkarya untuk daerah dan juga diri sendiri” ungkap Bupati PALI.

Sementara, Ketua TP. PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Ibu Ir. Hj. Sri Kustina menuturkan, bahwa yang menjadi finalis Bujang dan Gadis PALI (BGP) 2023, bahwa Finalis akan menjadi duta di PALI dan menjadi contoh bagi generasi muda lainnya.

Para finalis BGP 2023 sebelumnya sudah dinilai baik, dari etika, sopan santun, pengetahuan, public speaking sehingga bisa membawa anak muda Kabupaten PALI lebih baik kedepannya.

Ketua Dewan Kesenian Nasional Daerah (Dekranasda) PALI ini juga menjelaskan bahwa pemilihan BGP 2023 juga momentum untuk memperkenalkan baju adat khas PALI yang telah di launching sebelumya, tak hanya tingkat daerah namun juga tingkat nasional.

“Baju Adat khas PALI ini baru perdana kita kenalkan. Sehingga perlu banyak penyempuraan. Diharapakn kedepannya banyak dikenal bahwa kita memiliki songket khas PALI,” ungkap Ibu Ir. Hj. Sri Kustina.


Disampaikan juga oleh Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten PALI Ibu Novita Febriyanti, ST., MT bahwa seluruh finalis BGP 2023 telah menjalani beberapa rangkaian kegiatan sehingga sampai pada Grand Final, Sebelumnya tahapan-tahapan yang dilalui yaitu seleksi tingkat Kecamat, Semifinal, Karantina dan terakhir malam puncak Grand Final BGP 2023.


“Pemilihan Bujang Gadis PALI memiliki tujan dalam Peningkatan dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia paiwisata serta promosi pariwisata dan budaya, setelah ini mereka memiliki amanah dalam mempromosikan daerah, pelestarian nilai-nilai budaya dan juga mendukung program kegiatan pemerintah. Seluruh finalis merupakan perwakilan setiap kecamatan di Kabupaten PALI. Yang menjadi juri pada kegiatan ini memiki kompentensi di bidangnya masing-masing sehingga yang terpilih menjadi Bujang dan Gadis memang memiliki keriteria penilaian yang baik”. Ungkapnya

Pada Grand Final BGP 2023 ini Akbar Agapitus dan Jumi Oktasari keluar sebagai Juara Bujang dan Gadis PALI tahun 2023

Sementara Wakil I Bujang PALI, Sendi Septiyansyah dan Wakil I Gadis PALI Resti Amelia.

Para finalis ini sebelumya menyisihkan 184 peserta sehingga menjadi 26 pasang Bujang dan Gadis PALI tahun 2023, selanjutnya mengerucut menjadi 6 besar finalis, 3 besar dan terkahir penentuan Pemenang Bujang dan Gadis PALI 2023.





Sumber Foto : Diskominfo Kabupaten PALI