GUA BATU NAPALLICIN DIJADIKAN WISATA

Satu di antara objek wisata alam di Kabupaten Musirawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan (Sumsel) yang menarik untuk dikunjungi adalah Gua Batu. Gua yang terletak di Desa Napal Licin, Kecamatan Ulurawas, ini banyak dihiasi stalagmit dan stalagtit di bagian dalamnya. Sejumlah pengunjung berfoto di depan mulut gua batu di Desa Napal Licin, Kecamatan Ulurawas, Musirawas Utara.

di antara objek wisata alam di  (Muratara), Sumatera Selatan (Sumsel) yang menarik untuk dikunjungi adalah Gua Batu.

Gua yang terletak di Desa Napal Licin, Kecamatan Ulurawas, ini banyak dihiasi stalagmit dan stalagtit di bagian dalamnya

 Untuk mencapai goa batu ini, dapat ditempuh melalui jalur darat dengan jarak sekitar 135 Km dari Kota Lubuklinggau, Sumsel.

Gua batu ini, merupakan sebuah batu besar berongga, dengan panjang sekitar 500 meter.

Mulut gua agak tersembunyi dan berada di kaki bukit kecil diseberang desa, dengan lebar sekitar 20 meter dan ketinggian sekitar 15 meter.

Dari jalan desa, mulut goa berada diketinggian sekitar 30 meter, dan untuk mencapainya melalui undakan tangga dari pinggirr jalan hingga ke mulut gua.

Sepintas lalu, batu kembar itu, mirip dua raksasa. Oleh karena itu, masyarakat setempat menyebut batu kembar itu sebagai hulubalang (penjaga) gua.

Melewati batu kembar itu, pengunjung dihadapkan pada sebuah lorong terjal dan mendaki.