Gubernur Sumsel Buka Festival Kulintang, Kulineran Zaman Bingen

InfoPublik - Ada yang unik dari Festival Kulintang (Kuliner Talang Kepuh) yang digelar di Kelurahan Talang Kepuh, Gandus Palembang, Sumatra Selatan, Sabtu (11/12/2021).

Dibandingkan Festival Kuliner lain yang pada umumnya cenderung menyediakan makanan kekinian dan dibayar dengan mata uang rupiah pada umumnya, Festival Kulintang kuliner yang disajikan adalah makanan zaman dahulu (bingen), jajanan sekolahan dan alat pembayarannya pun uang mainan zaman bingen yang dapat ditukarkan oleh para pengunjung di kasir yang sudah disediakan.

Hal tersebut dilakukan untuk memberikan sensasi kembali pada masa lalu kepada para pengunjung di mana uang pecahan tersebut masih diberlakukan.

Demiikian dijelaskan Kepala  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Aufa Syahrizal. Festival diadakan selama dua hari, tanggal 11 dan 12 Desember 2021 terbuka untuk siapa saja.

Gubernur Sumatra Selatan H. Herman Deru (HD) saat membuka acara mengatakan bahwa Festival Kulintang dilaksanakan untuk mempertahankan kearifan lokal yang dimiliki, khususnya makanan dan jajan zaman bingen.

"Masyarakat harus dapat mengikuti perkembangan zaman tanpa harus melupakan kebudayaan dan kearifan lokal yang diwariskan oleh para nenek moyang, salah satunya melestarikan warisan kuliner yang dimiliki," ungkap Gubernur Sumsel.

Selain itu, dia mengatakan bahwa, festival ini juga akan memberikan manfaat pertumbuhan ekonomi pada masyarakat sekitar, seperti komitmennya dalam memajukan daerah secara merata sesuai dengan hastag "Sumsel Maju untuk Semua".

"Ini merupakan salah satu cara dalam mewujuskan komitmen kita, festival ini juga dilakukan untuk memajukan wilayah Talang Kepuh agar perkembangannya lebih cepat terlaksana serta lebih diperhatikan lagi oleh masyarakat Palembang untuk dapat berkunjung kedaerah ini," ucap dia.

Selanjutnya, gubernur beserta tamu undangan lainnya meninjau stand yang ada di Festival Kulintang. Turut hadir para Kepala OPD Prov. Sumsel.