ICMI Lakukan Gerakan Tanam 1 Milyar Pohon Secara Nasional di Kabupaten Lahat

Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) melaksanakan kegiatan Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon secara Nasional dengan tema ”Inspirasi dan Transformasi Peran ICMI Dalam Mewujudkan Kabupaten Lahat Sehat dan Bercahaya” bertempat di Taman Ribang Kemambang, Kecamatan Lahat, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatera Selatan, Minggu (5/2/2023) 

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua Umum (Waketum) ICMI Prof. Riri Pitri Sari dan rombongan, Bupati Lahat Cik Ujang, S.H., Wabup Lahat Haryanto, S.E., M.M., Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Sumsel Drs. Nelson Firdaus, M.M., Dandim 0405 Lahat Letkol Inf. Toni Oki Priyono, S.IP., Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi, S.T., Kapolres Lahat diwakili Kabag Ops, Sekda Lahat Chandra, S.H., Kejari Lahat yang diwakili, Kepala OPD/ Badan, Camat, Pengurus Daerah ICMI Kabupaten Lahat, perwakilan Perusahaan, perwakilan Forum Kades dan undangan lainnya.

Di Taman Rekreasi Ribang Kemambang, Kabupaten Lahat di-launching Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon secara Nasional. Kabupaten Lahat menjadi tempat kedua yang dilaksanakan secara resmi Program Penanaman 1 Milyar Pohon. Dengan adanya penanaman pohon ini, dapat menggerakkan kembali tanaman yang produktif di lahan masing-masing.

Dalam sambutan Wakil Ketua Umum ICMI Prof. Riri Pitri Sari “Harapannya kita dapat mengingkatkan  kemandirian kita dalam gerakan berkebun. Mari mulai hari ini kita menanam pohon dari lingkungan kita,Wilayah kita untuk kesehatan dan kesejahteraan,” tuturnya.

Ia juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, dan terima kasih atas partisipasi dari semua pihak yang terus berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan hidup, sehingga masyarakat yang tadinya konsumtif menjadi produktif.

Dalam kesempatan itu, Bupati Cik Ujang menjelaskan, Seganti Setungguan merupakan motto Kabupaten Lahat sebagai perwujudan falsafah hidup masyarakat Kabupaten Lahat yang melambangkan persatuan dan kesatuan yang kokoh, semangat gotong royong, setiakawan yang mendalam, berpendirian teguh serta bertanggungjawab.

Lanjut Bupati Cik Ujang, Kabupaten Lahat, selain dikenal sebagai Negeri Seribu Megalit, merupakan pengakuan atas kekayaan peninggalan megalitikum terbanyak di Indonesia, juga dikenal sebagai penghasil komoditas unggulan Pertanian dan Perkebunan, yaitu Kopi, Karet dan Sawit.

“Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Lahat mendorong dan terus berupaya untuk produktifitas komoditas, peningkatan Pertanian dan Perkebunan sebagai salah satu ikhtiar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lahat. Pertanian diharapkan mampu menjadi motor penggerak yang melimpah, dan penggerak pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata Bupati Cik Ujang.

 “Dengan ini, saya menghimbau dan mengajak seluruh masyarakat Lahat, terutama pemangku wilayah, Camat dan Kepala Desa untuk ikut serta menyukseskan gerakan ini dengan menanam pohon di lingkungan sekitar. Saya mengapresiasi dan bangga dengan terwujudnya Launching Gerakan Penanaman Satu Milyar Pohon yang digagas oleh ICMI Orda Lahat. Dengan gerakan ini, tentu saja akan berdampak pada membaiknya tutupan lahan, yang secara bertahap akan mampu memberikan dampak positif bagi ekosistem. “Tidak hanya itu, jenis tanaman yang bernilai ekonomi tinggi, seperti buah-buahan produktif, tentu juga akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga bersama-sama kita menggapai lingkungan berkualitas, masyarakat sejahtera, lahat semakin bercahaya,” terang Bupati Cik Ujang