Inventarisasi Tari Ulang-ulang Desa Kertajaya


Sungai Keruh, Musi Banyuasin - Apa yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bidang Kebudayaan patut diberika apresiasi, pasalnya tidak ingin kesenian yang ada hilang tergerus zaman pihaknya gencar melalukan Inventarisasi dan Dokumentasi.

Seperti terlihat, Kamis (16/02/23), bertempat dihalaman kantor Kecamatan Sungai Keruh, tim dari bidang kebudayaan ini melakukan Inventarisasi dan dokumentasi tradisi tari ulang-ulang Desa Kertajaya Kecamatan Sungai Keruh.


"Saya mengucapkan banyak terimakasih, dengan dilakukanya perekaman ini, tentu saja diharapkan tradisi tari ulang-ulang yang merupakan tari tradisional dari Desa Kertajaya bisa terus dilestarikan." ujar Camat Sungai Keruh Edi Heriyanto.

Tari ulang-ulang sendiri mengandung makna, bahwa duluany banyak para pemuda yang ada di desanya merantau, dan pulang dengan kesuksesan, sampai saat ini tari ini kerap dibawakan diacara pernikahan.


Kepala Disdikbud, Drs. Iskandar Syahriyanto, MH melalui Kabid Kebudayaan, H. Muardi, S.Pd MM mengatakan bahwa Inventarisasi dan dokumentasi ini telah menjadi agenda mereka guna menyelamatkan beragam kesenian yang ada di desa.


 


"Jika bukan kita siapalagi, apalagi anak-anak harus bisa paham dan mencintai kesenian kita sendiri, caranya bagaimana, tidak lain dengan mendokumentasilkanya dan mengajarkan kepada para anak-anak." tutupnya singkat.