Investigasi Situs Candi Lubuk Pauh

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas, melalui bidang kebudayaan melakukan kegiatan pemantauan sisa bangunan candi yang terdapat di desa Lubuk Pauh Kecamatan Bulang Tengah Suku Ulu Kabupaten Musi Rawas (Rabu, 25 Agustus 2021).

Kegiatan pemantauan ini menjadi bagian dari kegiatan rutin untuk memantau benda-benda cagar budaya yang ada, sekaligus untuk menggali kembali informasi apa yang berkaitan dengan situs candi dari warga setempat. Kepala Seksi Jarahnitra dan Purbakala Bapak Rusdi,SKM.,M.Si mengatakan sangat penting mengetahui informasi apa yang berkaitan dengan situs,bahkan beliau berkeinginan agar warga berperan aktif jika ada temuan-temuan sejenis untuk dilaporkan.

   

              Keluarga Bapak Juri 

Bertepatan dengan kegiatan yang dilaksanakan turut hadir warga yang melakukan kegiatan bayar nazar atau ucapan atas terkabulnya hajat mereka di lokasi situs candi Lubuk Pauh. Bapak Juri beserta istri Ibu Sumiati melakukan ritual bayar nazar dengan memotong kambing untuk dimasak dan dimakan bersama di lokasi situs candi. “kami sudah 20 tahun tidak memiliki anak, memang memiliki niat untuk ritual ini jika kami sudah memiliki anak dan hari ini baru kami laksanakan” ujar bapak Juri.

Kegiatan pemantauan ini juga telah dilakukan di beberapa lokasi cagar budaya  lain seperti: Rumah Pangeran Roes, Benda Cagar Budaya Kepala Kalla/situs Bingin Jungut, Makam Jaga Pati, Masjid Raudatus Sa’Adah serta tempat-tempat lainnya. 

video selengkapnya : Klik disini