Kabupaten OKI Juara Ketiga Nasional Anugerah Pesona Indonesia 2022 Kategori Makanan Tradisional

BANDA ACEH – Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali meraih juara nasional pada ajang pariwisata paling bergengsi di tanah air. Kabupaten OKI berhasil menjadi juara terbaik ketiga kategori Makanan Tradisional “Gulo Puan” pada Anugerah Pesona Indonesia (API Awards) 2022.


Pengumuman disampaikan pada malam puncak API Awards 2022 di Kota Banda Aceh, Jumat (25/11). Piala dan sertifikat API Awards 2022 untuk Kabupaten OKI diterima Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKI, Ahmadin Ilyas MSi yang diwakili Kepala Bidang Kebudayaan Marulak Kurniawan.



“Alhamdulillah pada penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2022 yang puncaknya dilaksanakan di Banda Aceh kali ini Kabupaten OKI berhasil meraih penghargaan terbaik ketiga kategori makanan khas tradisional untuk Gulo Puan. Ini merupakan makanan khas tradisional asal desa Bangsal Kecanatan Pampangan. Selain itu kami juga berhasil menerima sertifikat HAKI dari Kemenkumham untuk Bolu Cupu yang merupakan makanan tradisional asli asal Kayuagung,” ungkap Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKI, Ahmadin Ilyas, SE, MSi.


Dia menjelaskan, selain hasil kerja keras Disbudpar OKI, prestasi ini berhasil diraih berkat dukungan bupati dan jajaran serta seluruh masyarakat OKI. “Ini semua tidak terlepas dari kerja keras kita bersama dan dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten OKI. Dalam hal ini Bupati H Iskandar SE,” ujarnya.


Dengan telah diraihnya penghargaan tingkat nasional ini, Ahmadin Ilyas berharap akan semakin memperkenalkan kebudayaan dan kepariwisataan Kabupaten OKI di tingkat nasional bahkan internasional. “Prestasi ini insyaallah akan terus kita pertahankan dan ditingkatkan di tahun berikutnya. Yang pasti dengan dukungan semua pihak baik pemerintah dan juga masyarakat,” imbuhnya.


Senada diungkap Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar OKI Marulak Kurniawan yang menerima langsung piala dan sertifikat langsung saat malam puncak API Awards 2022 di Banda Aceh. Dia sangat bangga dan bersyukur atas kemenangan ini. “Benar. Gulo Puan juara ketiga dalam kategori Makanan Tradisional pada ajang Anugerah Pesona Indonesia 2022 se Indonesia di Banda Aceh,” ungkap Marulak Kurniawan yang biasa disapa Ucok.


Selain itu, tambahnya, Kabupaten OKI juga menerima sertifikat Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Bolu Cupu dari Kementerian Hukum dan HAM RI pada momen tersebut. Sebelumnya sudah diterima sertifikat HAKI untuk Tikar Purun, Adat Perkawinan Mabang Handak, Gulo Puan, Tari Penguton, Lelang Lebak Lebung, Jejuluk, Midang, Tanjidur Pedamaran, Biduk Kajang, Gerabah, Kepudang, Tari Cang Cang, Setakatan, Kerupuk Kemplang Kayuagung, dan branding pariwisata It’s OKI.


“Dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia juga dibagikan Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk Bolu Cupu dari Kemenhumkam RI. Semoga dapat melestarikan budaya Kabupaten OKI.
Lestari budaya, lestari wisata,” ujarnya.


Asisten Administrasi dan Umum Setda Aceh Dr Iskandar SSos MSi. Dirinya mengaku bangga, daerahnya dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan API Awards tahun ketujuh.
“Kami menyuguhkan semua ini karena rasa bangga betapa besarnya potensi pariwisata di negeri kita. Mudah-mudahan membuat semua bersemangat. Sebab API Awards merupakan bentuk penghargaan kepada pemerintah daerah atas kepedulian mengembangkan potensi pariwisata lokal,” papar Iskandar.


Dia berharap agar ajang ini dapat membenahi pariwisata yang ada di Indonesia. Dengan harapan, dapat lebih dikenal luas di seluruh dunia. “Kami berharap acara API dapat bersaing membenahi pariwisata sehingga potensi kekayaan wisata dan budaya Indonesia semakin dikenal di tingkat dunia,”  tandasnya.
Sementara, advisor sekaligus founder Anugerah Pesona Indonesia, Patrice Rio Capella dalam sambutannya menjelaskan, dimulai sejak 2016 API saat ini sudah menjadi bagian dari promosi destinasi dan produk pariwisata di Indonesia. “Sudah lebih dari 1.100 destinasi atau produk yang diangkat dan dipopulerkan melalui ajang API,” ujarnya.


Selain itu, tambah Rio, ajang ini juga menjadi ajang bagi para penggerak di sektor pariwisata di daerah. Terutama dalam mengajak berpartisipasi aktif menggerakkan pariwisata di daerah serta bagaimana caranya untuk mempromosikannya dengan masif dan efektif. “Anugerah Pesona Indonesia, selalu memberi kesadaran kepada pemerintah daerah bahwa pariwisata sumber daya tidak terbatas dan tidak akan ada habisnya,” ungkapnya.



Chairman of Anugerah Pesona Indonesia Hiro Kristianto Sianturi menjelaskan, Anugerah Pesona Indonesia 2022 telah selesai terselenggara dengan baik. Penyerahan piala penghargaan dilakukan melalui Malam Puncak di Kota Banda Aceh sebagai tuan rumah.

“Penyelenggaraan tahun ini, tercatat terdapat 134 Kabupaten/Kota serta 34 Provinsi yang terlibat dalam menampilkan pariwisata terbaiknya sebagai nominasi di ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun ini,” ujar Hiro.


Kata Hiro, panitia mengucapkan selamat kepada Provinsi Aceh yang keluar sebagai Juara Umum Anugerah Pesona Indonesia 2022. Tidak hanya itu, Provinsi Aceh juga melakukan sapu bersih dengan menyabet gelar Juara Favorit melalui nominasi dari Kota Langsa. “Aceh juga mencatat sejarah sebagai provinsi yang untuk pertama kalinya prestasi sebagai juara umum secara berturut-turut,” ujarnya.