Kunjungan Kerja Gubernur Sumatera Selatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

Rabu, 5 Oktober 2022, Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Bapak Drs. H. Soemarjono mendampingi Gubernur Sumatera Selatan Bapak Herman Deru meresmikan Putaran Keliling Sport Center dan Turnamen ML. Bapak Herman Deru ingatkan untuk mendukung GSMP Desa Betung Barat Kabupaten PALI.

Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengapresiasi Desa Betung Barat yang telah menunjukkan kemandirian bukan hanya dalam swadaya tetapi diiringi spirit berolahraga dan menyehatkan masyarakat. menurutnya untuk melakukan kemandirian memang dibutuhkan kesehatan jasmani dan rohani.

hal ini diungkapkan saat meresmikan Putaran Keliling Sport Center dan Pembukaan Turnamen Mobile Legend. Dalam kesempatan itu, Herman Deru mengajak masyarakat untuk mengimplementasikan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GMSP) di desa Betung Barat.

GMSP bertujuan mengubah pola pikir pembeli menjadi penghasil sehingga harga pangan dapat terjaga dengan stabil dan tidak memberatkan masyarakat. "Ayo ibu-ibu kita manfaatkan halaman rumah masing-masing untuk ditanami cabai, bawang, tomat dan lain sebagainya," ujarnya.

Berdasarkan Hasil survei hampir seluruh rumah tangga memeiliki kebutuhan pangan sehari-hari bagi keluarga kecil adalah senilai Rp 700rb perbulan nya. Hal ini diluar kebutuhan pokok beras dan jagung.

Untuk itu, HD menyerahkan bantuan bibit tanaman ke masyarakat. HD mengatakan untuk selanjutnya kepala desa setempat dapat meminta tambahan bibit ke Dinas Pertanian dan Holtikultura Sumsel melalui Pemda Setempat.

 Selain itu, HD mengungkapkan bahwa Tahun 2022, PALI diberikan total Rp 50M bantuan langsung Gubernur yang diantaranya dialokasikan untuk meningkatka pelayanan masyarakat salah satunya untuk desa Betung Barat.

Untuk mendukung pembangunan dapat terlaksana dengan baik, HD mengajak masyarakat tetap menjaga kerukunan di masyarakat dimulai dari keluarga.

program Premprov Sumsel, salah satunya implementasi GSMP ditengah masyarakat.

 turut hadir Para Kepala OPD Sumsel

Sumber : Diskominfo Pali