Kuntau, Pukau Pengunjung Festival Randik 2022

Sekayu, Musi Banyuasin - Kuntau merupakan seni beladiri khas masyarakat Sumatera Selatan, warisan orang tua dulu yang digunakan untuk membela diri melawan penjajah dulu. Akan tetapi seni beladiri yang dulu sangat populer ini seakan-akan hilang ditelan zaman yang modern saat ini.

 

Untuk kembali memasyarakatkan beladiri ini, Sanggar Putri Sak Ayu menampilkan kesenian Kuntau yang merupakan salah satu giat yang mereka geluti selama ini.

"Malam penghelatan Festival Randik 2022 beberapa waktu lalu menjadi ajang bagi kami untuk mempertontonkan kepada masyarakat tentang senibeladiri kuntau." ujar Rusli Damai pelatih Kuntau.

Dalam pengelaran itu tampil puluhan pendekar kuntau dari lintas generasi, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Diringi dengan suara musik yang khas membuat ribuan mata masyarakat pengunjung Festival Randik terpesona dengan penampilan para pedekar ini.

"Selain menampilkan gerakan, kita juga menampilkan pertarungan antar pendekar kuntau, semua itu terlihat begitu menarik." ungkapnya.

 

Sementara Kepala Disdikbud, Drs. Iskandar Syahriyanto, MH melalui Kabid Kebudayaan, H. Muardi, S.Pd MM mengatakan bahwa Kuntau ini dibawah binaan Sanggar Putri Sak Ayu. 

kesenian ini harus kita lestarikan, karena itu sebagai bentuk binaan, maka kita memfasilitasi para pendekar beladiri kuntau untuk belatih dan terus merangkul para generasi yang ingin bergabung dan belajar kuntau." tutupnya.