Launching Calendar of Charming Events Palembang 2023

Tahun 2023 menjadi babak baru bagi Indonesia dengan dicabutnya kebijakan PPKM yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo pada akhir Desember 2022 lalu. Hal tersebut menjadi momentum untuk kebangkitan perekonomian di Indonesia dari berbagai sektor salah satunya termasuk sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Di tahun 2022, sektor pariwisata mulai bangkit terkhususnya di Kota Palembang, sektor industri pariwisata seperti restoran, hotel, hiburan dan berbagai industri lainnya mulai pulih dan bermunculan kembali. Berbagai jenis event pada saat pandemi diselenggarakan secara hybrid kini mulai diselenggarakan secara offline dan berskala besar. Tak terkecuali pada tahun 2023 ini, ratusan event baik skala regional, nasional maupun internasional akan diselenggarakan di Kota Palembang dengan berbagai kemasan yang menarik.

Pada 28 Januari 2023 lalu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia telah meluncurkan 110 Karisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2023 yang telah dikurasi dari seluruh Provinsi di Indonesia dan Provinsi Sumatera Selatan menyumbang 2 event yang salah satunya adalah Festival Sriwijaya yang akan diselenggarakan di Kota Palembang.

Dan diawal tahun 2023 ini, Dinas Pariwisata Kota Palembang untuk ketiga kalinya akan melaunching Calendar of Charming Events Palembang 2023 yang akan diselenggarakan pada hari Selasa tanggal 14 Februari 2023 bertempat di Grand Ballroom The Zuri Hotel Palembang.

Setelah dilakukan proses pengumpulan event dan kurasi kurang lebih selama 2 bulan yakni Nopember - Desember 2022, akhirnya berhasil dikumpulkan sebanyak 107 event yang akan dikemas dalam balutan seni budaya, olahraga dan ekonomi kreatif yang akan diselenggarakan di Kota Palembang sepanjang tahun 2023, dan jumlah ini dua kali lipat lebih banyak dibandingkan event yang dilaunching pada tahun 2022 lalu. Selain itu, telah dipilih juga sebanyak 10 event yang berhasil masuk kedalam TOP 10 Calendar of Charming Events Palembang 2023 yaitu Cap Go Meh, Ziarah Kubro, FIFA World Cup U-20, Sriwijaya Expo, Palembang Heritage Run, Festival Sriwijaya, Bujang Gadis Palembang, Palembang Expo, Pekan Adat Sumsel dan Bidar Tradisional.


Launching Calendar of Charming Events Palembang 2023 ini mengambil tema Palembang Emas Darussalam karena tahun 2023 adalah tahun pencapaian terwujudnya misi Palembang Emas Darussalam Pemerintah Kota Palembang sehingga dukungan terhadap event-event yang mengusung Palembang Emas Darussalam menjadi hal utama bagi Pemerintah Kota Palembang. Selain itu, pada saat launching nanti, akan ada beberapa penampilan spesial yaitu penampilan tim tari Politeknik Pariwisata Palembang, Fashion Show wastra Palembang oleh Bujang Gadis Palembang, Penampilan Trio Dispar, Penampilan tim tari kreasi dari Sanggar Rumah Elok dan Penampilan dari Penyanyi Sahara.

Dengan dilaksananakannya launching ini, diharapkan menjadi pemicu kebangkitan ekonomi dan pariwisata daerah serta semakin gencar pula kampanye gerakan nasional bangga berwisata di Indonesia yang disampaikan oleh presiden Joko Widodo dalam video sambutannya pada saat launching Karisma Event Nusantara (KEN) 2023 untuk mengajak masyarakat berwisata di dalam negeri, sehingga angka kunjungan wisatawan dapat meningkat yang tentu hal ini menjadi efek berganda atau multiplier effect bagi semua industri dan masyarakat di Kota Palembang. Selain itu diharapkan juga, para pengelola dan pelaksana event dapat terus berlomba-lomba memperbaiki kualitas dan kuantitas event-event yang akan mereka laksanakan sehingga bisa menjadi event yang berskala nasional maupun internasional.

Pada akhirnya, kita semua mengharapkan dukungan semua pihak khususnya media cetak, elektronik dan media sosial untuk dapat mempublikaskan dan mempromosikan 107 event sepanjang tahun 2023 yang terangkum dalam Calendar of Charming Events Palembang 2023.