Lomba Bidar Tradisional Piala Bergilir Gubernur Sumsel Tahun 2022, Ogan Ilir Meraih Juara Ke-2

Dalam merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia seluruh Daerah di Sumatera Selatan termaksut kota Palembang dan Kabupaten Ogan Ilir selalu mengadakan lomba Bidar yang menjadikan Tradisi dari turun temurun, Lomba ini selalu wajib diadakan setiap tahunnya di Sungai Musi Palembang dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dan dipusatkan di Benteng Kuto Besak (BKB).

 

Disamping lomba Bidar, diadakan juga lomba perahu hias yang menambah keseruan dalam acara Bidar. Lomba Bidar ini menjadi agenda rutin yang diadakan setiap tahunnya. Lomba Bidar ini juga salah satu acara menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke Palembang. 

 

Sekda Ogan Ilir H. Muhsin Abdullah mengatakan "Lomba Bidar ini merupakan lomba yang sudah menjadi tradisi di setiap perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia diseluruh Daerah, sama halnya seperti Kabupaten Ogan Ilir yang selalu mengadakan lomba Bidar di setiap Hari Kemerdekaan Indonesia dan perayaan Hari Besar lainnya seperti HUT Ogan Ilir tahun lalu, Alhamdulillah setelah 2 tahun vakum untuk perayaan Bidar ini akhirnya kembali dimeriahkan disetiap Daerahnya dengan sangat meriah" Ujarnya

 

Adapun pemenang lomba bidar tahun 2022 ini,  Juara 1 diraih oleh Tim Dinas Energi dan sumber Daya Mineral (DESDM) Prov. Sumsel, Juara 2 Tim Pemkab Ogan Ilir, dan Juara ke-3 diraih oleh Tim PT. Pusri.