Lomba Tari Kreasi Tradisional dan Senjang tahun 2022

Dalam rangka melestarikan nilai-nilai budaya dan mengali potensi daerah sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama Dewan Kesenian Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir melaksanakan kegiatan Pembinaan Lembaga Adat yang Penganutnya dalam Daerah Kabupaten/Kota (Lomba Tari Kreasi Tradisional dan Senjang) tahun 2022.

Kegiatan tersebut untuk menggali potensi daerah terutama bagi generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai kebudayaan daerah dan sebagai upaya pelestarian kebudayaan, kegiatan tersebut terbuka untuk umum dan diikuti oleh setiap kecamatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir yaitu Kecamatan Talang Ubi, Tanah Abang, Penukal Utara, Penukal dan Abab.

 

Bupati Penukal Abab Lematang Ilir melalui Sekretaris Daerah Ibu Kartika Yanti, SH., MH menyapaikan aspirasinya atas dilaksanakannya kegiatan tersebut “saya sangat menyukai kebudayaan daerah terutama Senjang, karena dengan kegiatan ini saya mengetahu bahwa Kabupaten PALI juga memiliki budaya Senjang selain Kabupaten Muara Enim dan Musi Banyuasin. Saya berpesan agar pemuda-pemudi Kabupaten PALI ada rasa bangga dengan budaya kita dengan melestarikannya, kegiatan ini juga membuktikan bahwa Senjang juga diminati oleh generasi milenial”. Selasa, (23 Agustus 2022)

Pada laporan Ketua Pelaksana Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ibu Novi Febriyanti, ST., MT mengatakan bahwa “kegiatan ini diikuti oleh masyarakat, komunitas, sanggar dan pengiat seni yang menjadi perwakilan setiap kecamatan untuk lomba tari kreasi tradisional diikuti 11 grup dari perwakilan lima kecamatan, sedangkan Senjang berjumlah 10 grup perwakilan dari tiga kecamatan. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Ampera Terminal Pendopo Kelurahan Talang Ubi Barat dengan mengusung tema Dengan Semangat Proklamasi Kita Lestarikan Kesenian dan Budaya Khas Kabupaten PALI kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian peringatan HUT-RI ke 77”.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh tamu undangan dari Pemangku Adat, Pengiat Budaya, Kepala Perangkat Daerah, Komunitas Seni dan teater dan steakholder lingkup Pemerintahan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir.