Megah nya FESTIVAL DANAU RANAU (FDR)

Festival Danau Ranau (FDR) merupakan event rutin yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dengan jumlah peserta dari Kabupaten/Kota Se-Sumatera Selatan, Provinsi tetangga dan Kecamatan Se-Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Jauh sebelum lahirnya Undang-undang tentang pemajuan Kebudayaan, berbagai kegiatan Kebudayaan (Festival) diselengarakan oleh Pemerintah Daerah, Komunitas Budaya, Swasta, maupun perorangan. mulai dari penyelenggaraan yang bersifat insedentil hingga Kebudayaan yang di laksanakan secara teratur.


Adapun rangkaian kegiatan Festival Danau Ranau yang terakhir dilaksanakan tahun 2019 lalu dan telah masuk ke kalender event Nasional kedepan, diantaranya yaitu :


1. Tradisi Lisan

Tradisi Lisan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dimiliki oleh seluruh Etnis/Suku dengan bentuk sastra tutur, Sejarah Lisan dan cerita rakyat yaitu ?

a. Festival Adi-adi

b. Festival Sastra Tutur Tahdut

c. Festival Sastra Tutur Wayak/Muayak


2. RitusĀ 

Ritus yang sering di lakukan oleh Etnis/Suku di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yakni seperti bersih Desa, Ritual Sesaji, Syukuran. Adapaun Ritus dilaksanakan dalam Festival Danau Ranau

a. Festival Tetangguhan/Gawang Stha


3. Pargelaran Seni dan Budaya

Gelar Seni Budaya Tradisional Pemerintah Provinsi Kab/Kota Se-Indonesia dan Kecamatan Se-Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan meliputi ?

a. Karnaval Budaya/Parade Budaya (Aban Gemesir)

b. Pergelaran Teatrikal Cerita Rakyat

c. Pergelaran Tari Kreasi Daerah

d. Pergelaran Lagu Daerah

e. Festival Rudat

f. Lomba Fashion Show Anak-anak (Baju Adat OKU Sekatan)


4. Wokshop/Pelatihan/Pembinaan

Untuk melestarikan Kebudayaan dan mengali Kebudayaan yang hampir Punah


Kegiatan Pendukung Festival Danau Ranau (FDR) ?

1. Gowes Danau ranau

2. Lomba Kicau Burung

3. Hiburan Rakyat

4. Pameran Seni Budaya, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif