Pembukaan acara perdana atraksi memasak di destinasi wisata Curug Tenang Desa Bedegung bersama Kepala Diinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Sya


Kepala Diinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumsel Aufa Syahrizal didampingi Ketua GIPI (Gabungan Industri Pariwisata Indonesia dan Masata (Masyarakat Sadar Wisata) Sumatera Selatan Herlan Asfiudin membuka acara perdana atraksi memasak di destinasi wisata *Curug Tenang Desa Bedegung, Kabupaten Muara Enim. Selasa 24 Mei 2022.


Berlatar belakang air terjun yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 99 meter ini Para Chef dari PCPI (Perkumpulan Chef Profesional Indonesia) Chef Ariya dan Chef Riki bersemangat memasak hidangan Pepes* Ikan Patin Muara Enim dengan bumbu dapur lengkap.


Disamping atraksi kedua Chef muda itu Mahasiswa Poltekpar Palembang Jurusan Food and Beverage Rizky Agung Prasetyo bersama Fachira khairunnisa jurusan tata hidang mendemonstrasikan beragam minuman kekinian yang biasa dijual di cafe seperti Blue Ocean dan Strawberry Mojito.


Dikatakan Aufa, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan sengaja mengkolaborasikan PCPI (Perkumpulan Chef Profesional Indonesia) dan Poltekpar (PoliTeknik Pariwisata) tujuannya untuk mempromosikan pariwisata dan kuliner Muara Enim serta mengangkat potensi khas kuliner dan Wisata daerah di Sumatera Selatan. Diharapkan kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat pencinta kuliner untuk datang ke Kab/Kota di Sumatra Selatan yang memiliki hidangan kuliner yang khas serta keindahan alamnya.


*Pepes merupakan suatu cara memasak, mengolah bahan makanan yang telah dibumbui dengan bantuan daun pisang sebagai media pembungkusnya.


*Curug Tenang/ Air Terjun Bedegung adalah air terjun tertinggi di Sumatera Selatan. Air terjun dengan ketinggian 99 meter ini bersumber dari mata air yang tidak pernah kering di celah Bukit Barisan dan turun di sungai kecil yang berat, berbatu dan memiliki udara yang sangat sejuk. Curug Tenang terletak di desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel). Jaraknya sekitar 56 km ke arah selatan Muara Enim dan sekitar satu jam atau 210 km dari kota Palembang.