Peresmian Rumah Adat, Gedung Dekranasda dan Baju Adat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir


PALI - Bupati Penukal Abab Lematang Ilir, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten PALI, Ir. Hj. Sri Kustina meresmikan Gedung Dekranasda dan Rumah Adat PALI sekaligus launching Baju Adat Kabupten PALI, Selasa (2/5/2023).

Acara tersebut digelar di halaman gedung Dekranasda PALI, sebelum peresmian masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh adat, tamu undangan dari BUMN maupun BUMD serta para kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten PALI ditayangkan kilas balik sejarah singkat pembangunan Dekranasda, penjelasan filosofi dari rumah adat dan juga motif baju adat khas PALI.

Bupati PALI mengapresiasi atas diresmikannya Gedung Dekranasda dan Rumah Adat Kabupaten PALI.

ia menjelaskan bahwa pembangunan rumah Kabupaten PALI dilaksanakan setelah sebelumnya berkoordinasi dan komunikasi dengan tokoh adat di Kabupaten PALI serta menggabungkan nilai-nilai budaya yang ada disetiap kecamatan di Bumi Serepat Serasan.

Rumah Adat Kabupaten PALI diharapan dapat menjadi icon sehingga masyarakat PALI memiliki rasa bangga dan rasa memiliki.

"Nantinya Rumah adat ini akan di buka untuk masyarakat umum, namun masyarakat yang berkunjung dapat menjaga dan merawatnya. Sehingga anak cucung kita nanti masih dapat mengetahui sejarah kabupaten kita" jelasnya

Diharapkan juga dengan adanya peresmian rumah adat PALI dapat menjadi daya tarik bagi wisata nusantara dan wisatawan mancanegara, dnantinya juga akan dibuatkan regulasinya sehingga dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Selain itu peresmian Gedung Dekranasda Kabupaten PALI memiliki tujuan kerajinan di PALI memiliki tempat sehingga dapat dilihat oleh masyarakat bahwa bumi serepat serasan kaya akan potensi kerajinan daerah.


Dalam sambutanya Ketua Dekranasda PALI Ibu Ir. Hj. Sri Kustina menerangkan bahwa Dekranasda PALI merupakan mitra pemerintah untuk mendorong serta memberdayakan masyarakat dalam memanfaatkan potensi alam menjadi kerajinan, diketahui Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir merupakan kabupaten baru sehingga memerlukan tenaga yang leibih ekstra sehingga bisa setara dengan kabupaten/kota lainnya.

“Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak terutama dukungan dari Bapak Bupati Dr. Ir. Heri Amalindo, MM dan juga TP. PKK Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir kita saat ini telah dibangun gedung Dekranasda yang akan menjadi tempat kerajinan daerah, nantinya disini akan menjadi pusat cindera mata khas PALI, awal-awal dulu kita belum ada sehingga kami memiliki keyakinan dengan membangun SDM untuk mengikuti pelatihan-pelatihan dan saat ini hasilya sanggat baik, disampaikan juga oleh beliau bahwa pakaian adat PALI juga menyesuaikan potensi yang ada dan kearifan lokal” papar Ketua Dekranasda PALI yang juga merupakan Anggota DPR-RI.