PESONA DESA WISATA SUNGSANG IV

Desa Wisata Sungsang IV adalah salah satu Desa Wisata kebanggaan Kabupaten Banyuasin, Nama Sungsang sudah dikenal sejak abad ke-17, konon nama ini diambil dari kata tersangsang atau terdampar, pada kisah terdamparnya nenek moyang masyarakat Desa Sungsang atau dikenal dengan nama Puyang Cinde Kirana yang pada saat itu terdampar di Muara Sungi Musi dalam perlayarannya dari Pulau Jawa. 



Pada abad ke-21, jumlah penduduk Desa Sungsang mencapai 20.000 jiwa, sehingga dibagi menjadi 4 (empat) Desa yaitu Desa Sungsang I, Desa Sungsang II, Desa Sungsang III Desa Sungsang IV dan Desa Marga Sungsang. Kawasan Sungsang merupakan kawasan rawa-rawa dan perairan menjadikan desa ini unik dengan ciri khas Desa Wisata Nelayan Sungsang










Apa saja daya tarik Desa Sungsang IV, semua daya tarik ada di Desa Sungsang IV yakni Taman Nasional Sembilang, Desa Nelayan Sungsang, Kuliner Khas Sungsang IV, Oleh-oleh Khas Sungsang IV, Tanjung Carat, berwisata dengan Kapal Nelayan dan masih banyak lagi. Jangan pula khawatir dengan Akomodasi Karena di Desa Sungsang IV tersedia 10 Homestay dan Gojek Wisata (GoWis) sebanyak 15 orang, selain itu Speedboat sebanyak 3 unit dan Kapal Pesiar sebanyak 1 unit.






sebagai desa nelayan tentu kuliner utama yang paling digemari wisatawan adalah aneka Seafood, wisatwan dapat membeli seafood di tempat pelelangan ikan bila ingin memasak sendiri di Homestay atau dapat langsung mendatangi pondok makan yang menyajika menu seafood dengan harga yang lebih affordable.



Waktu terbaik untuk berkunjung yakni pada bulan Desember karena, Event Kapal Nelayan Hias dan Expedisi Burung Migran dilaksanakan dibulan tersebut.