Sedekah Bumi Rimba Candi

Sedekah Bumi di Rimba


Rimba Candi sebuah lokasi yang diduga merupakan reruntuhan candi karena di temukan begitu banyak batu batu persegi berserakan, seperti telah mengalami sebuah bencana besar sehingga kawasan Rimba Candi dipenuhi dengan batu batu persegi yang berserakan. Rimba Candi berada di Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Dempo Tengah. kelurahan Sumber Jaya ini terdapat dua dusun yang ditempati oleh warga dari turunan Jawa yang merupakan warga program Transmigrasi di tahun 1980 an pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. masyarakat trans ini sudah berkembang menjadi dua dusun yaitu Dusun Candi Jaya 1 dan Candi Jaya 2 dengan jumnah KK hampir 100 KK. uniknya masyarakat jawa ini juga membawa kebiasaan dan tradisi mereka yang sudah melekat  dari dan saat mereka tinggal di Jawa. salah satu tradisi yang masih dipertahankan dan disesuaikan dengan kondisi yang ada yaitu Tradisi Sedekah Bumi.


sedekah Bumi merupakan sebuah tradisi  yang dilakukan secara turun temurun dalam rangka mensyukuri hasil pertanian yang melimpah ruah. dalam tradisi sedekah Bumi dipandu oleh pimpinan desa dan pimpinan  Adat di dusun tersebut. pada kesempatan ini Sedekah Bumi yang diadakan pada akhir bulan Juli dihadiri oleh Walikota Pagar Alam, Bapak Alvian Maskoni. acara ini merupakan sebuah prosesi ritual yang sangat menarik dan Unik karena telah disesuaikan dengan lingkungan dimana mereka tinggal. dalam acara "Sedekah Bumi" semua bentuk hasil pertanian dikumpulkan meskipun dalam jumlah yang sedikit dengan syarat ada hasilnya. kemudian semua hasil BUmi didoakan kembali biar hasil kedepannya melimpah ruah.

hal ini juga bisa menjadi sebuah prosesi Adat yang menarik dan bisa mendatangkan wisatawan dimana rangkaian acaranya dikemas sedemikian rupa, menarik dan aktraktif dengan pagelaran seni budaya jawa yang asli baik berupa tari-tarian dan lagu daerah.