SELAMAT !! Danau Shuji Lembak Juara 3 API AWARD 2021

Mewakili Pj. Bupati Muara Enim Bapak Dr. H. Nasrun Umar, SH.MH dan Pemerintah Daerah Kabupaten Muara Enim, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Muara Enim ISDRIN, ST bersama Pegawai Dinas Pariwisata dan Ekraf Muara Enim serta Pengelola Destinasi Wisata Danau Shuji Lembak Bapak Bob Permana menghadiri Malam Puncak Anugerah Pesona Indonesia Award 2021 di Sekayu Kabupaten Muba Sumatera Selatan.

Danau Shuji memperoleh penghargaan Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 Kategori Destinasi Baru yang dilaksanakan di Stable Berkuda, Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA), Sumatera Selatan (Sumsel), Selasa (30/11/2021) malam.


Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Di samping itu, penyelenggaraan API AWARD juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah agar lebih berupaya dalam mempromosikan pariwisata di daerahnya dan lebih meningkatkan perekonomian masyarakat.

Penghargaan berupa juara ke 3 se-Indonesia dalam Destinasi Baru yang diberikan kepada Danau Shuji tersebut diterima langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Muara Enim didampingi Bob Permana selaku pengelola Danau Shuji Lembak.

Saat dikonfirmasi menyatakan bahwa keberhasilan ini adalah hasil kerjasama dan kerja keras semua pihak. Menurutnya prestasi ini melibatkan masyarakat, seluruh elemen, baik di desa, kecamatan, kabupaten, hingga masyarakat kota dan provinsi.

“Saya sangat berterima-kasih kepada Pemkab Muara Enim, Pemdes Lembak dan terutama seluruh masyarakat sumsel dan khususnya pemuda pemudi Desa Lembak yang sudah mendukung Danau Shuji yang sudah banyak berpartisipasi dan mem-voting melalui sms,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada pihak Pertamina EP yang telah ikut membantu dan mendukung segala perbaikan fasilitas melalui Program CSR yang diberikan, sehingga Danau Shuji menjadi lebih berkembang lagi.


“Danau Shuji mungkin tidak akan sebagus  seperti sekarang apabila tidak didukung Pertamina EP Prabumulih Field yang sudah membantu kami selama ini. Program CSR yang dilaksanakan Pertamina EP Prabumulih Field memberikan dampak luar biasa,” tuturnya.

Ia pun menambahkan bahwa pihaknya saat ini meluncurkan program apresiasi umroh gratis kepada karyawan Danau Shuji. Menurut Bob, pada program apresiasi tahap I ini, pihaknya memberikan kepada 10 (dua) orang karyawan muslim untuk menjalankan ibadah umroh sebagai bentuk apresiasi  terhadap loyalitas kinerja karyawan.


“Untuk saat ini sebanyak 10 karyawan yang sudah didaftarkan untuk ibadah umroh. Mudah-mudahan program ini akan terus berkelanjutan. Selain itu, saya berharap juga kepada pihak Pertamina tetap terus membantu pembangunan danau shuji dan wahana-wahana permainan agar semakin berkembang,” tandasnya. 

Disela akhir acara, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekraf Muara Enim Isdrin, ST didampingi Kabid Industri Pariwisata ROBIAH, SH, M.Si juga mengucapkan atas nama Pemerintah Daerah banyak terima kasih kepada semua pihak, yang telah mendukung dan memberikan support atas keberhasilan Danau Shuji Lembak meraih penghargaan di ajang API AWARD 2021, semoga ajang ini menjadi motivasi bagi pelaku pariwisata untuk terus berkembang dan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat maupun pemilik usaha pariwisata tersebut tutupnya.


Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kab. Muara Enim Created source : Liputan @kance_mangboy dokumentasi @danaushuji