Tim Kesenian Muba Tampil Spektakuker pada Festival Gendang Melayu 2022


SEKAYU - Bicara tentang kesenian, Kabupaten Muba sangat di perhitungkan baik di tingkat Provinsi hingga Nasional. Baru - baru ini tim kesenian Bumi Serasan Sekate berhasil goncangkan panggung Festival Gendang Melayu 2022 yang di gelar di Kota Lubuk Linggau.


Menampilkan kesenian senjang dan Sendratari Legenda Rantau Kasih tim kesenian yang di dampingi langsung oleh Bidang Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Muba itu tampil spektakuler.

Kepala Disdikbud, Drs. Iskandar Syahriyanto, MH, melalui Kabid Kebudayaan, H. Muardi, S.Pd, MM menyampaikan bahwa tim kesenian muba mampu membius para penonton.


"Kami sangat bangga karena tim kesenian dari Sanggar Sak Ayu tampil sangat baik, dan bisa membawakan kesenian senjang dan sendratari dengan sangat bagus,"kata Muardi.


Dijelaskannya, saat tampil para seniman begitu energik dan mampu menyampaikan makna dari kesenian yang di tampilkan.


"Mengangkat tema kebudayaan Kabupaten Muba, kita mampu menceritakan legenda-legenda yang ada di Bumi Serasan Sekate ini yang kemas dalam bentuk kesenian baik itu tarian maupun senjang. sehingga bisa di kenal secara luas,"terangnya.


Pada kesenian senjang, dibawakan oleh Yuli. Sedangkan Sendratari Rantau Kasih Sendratari rantau kasih disutradarai oleh Suwandi, Penulis naskah Yuhelda, Sumber cerita Aminin Trio Amigo, Penata tari Eko Wijaya, Fitria Pandicra dan penata musik oleh Habibi dan kawan-kawan.