Workshop Pengelolaan Investasi Pariwisata Tahun 2021

Provinsi Sumatera Selatan terdiri dari 17 Kabupaten/Kota dengan beragam potensi pariwisata, seperti wisata alam, budaya, dan buatan. Namun, potensi tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Apalagi sektor pariwisata perlahan mulai bangkit dan bergeliat kembali di saat masih menghadapi pandemi COVlD-19.


Untuk itu, saat ini Pemprov Sumsel tengah kembali menggeliatkan Potensi wisata di Sumsel yang bisa menjadi acuan para investor agar mau melakukan Investasi di Pariwisata Sumsel.


“Untuk itu, Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota perlu membangun koordinasi dan sinkronisasi sehingga pada gilirannya nanti akan tercipta sinergitas program dan kegiatan investasi pariwisata, yang saling menguatkan satu sama Iain dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumsel,” kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Megawati, saat membuka kegiataan Workshop Pengelolaan Investasi Pariwisata Tahun 2021, Jumat (29/10/2021).


Lanjut Mega, Provinsi Sumsel pernah menjadi tuan rumah beberapa event nasional maupun internasional, yang berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. Adanya momen tersebut, tentu adanya pembangunan amenitas pariwisata yang menjadi salah satu potensi dan peluang investasi pariwisata.


“Tetapi kita tetap memperhatikan kearifan lokal dan aspek pelestarian budaya daerah setempat, yang justru menjadi daya tarik tersendiri dalam mempromosikan daerah masing masing,” jelasnya.


Dia berharap Pemerintah Kabupaten/Kota se Sumsel melalui OPD terkait seperti Dinas Pariwisata dapat terus menggali potensi dan peluang investasi pariwisata daerah masing masing dan memberikan informasi tersebut kepada DPMPTSP, serta DPMPTSP dapat memberikan keamanan berinvestasi dan kemudahaan perizinan berusaha bagi investor atau pelaku usaha pariwisata. Tentunya hal ini perlu kolaborasi yang baik antar OPD terkait. sc: suarapublik.id


cc: @hermanderu67 @mawardiyahya1958 @touaufa @henysusantih @triyanti.k