Download Aplikasi GIWANG, Pariwisata Sumsel Dalam Genggaman, HD Launching Aplikasi GIWANG

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel berinovasi membentuk aplikasi wisata berbasis android yaitu GIWANG (gentak, informatif, wisata andalan yang nyaman dan gempita). 

GIWANG resmi di launching Gubernur Sumsel H Herman Deru (HD)di The Arista Hotel, Sabtu (19/6/2021).


Turut hadir perwakilan dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel, para pelaku pariwisata, stakeholder dan juga Head of Newsroom Sripo dan Tribun Sumsel Hj L Weny Ramdiastuti.

"Aplikasi GIWANG ini pertama di Sumsel. Masyarakat pengunduhnya tentu tak ingin kecewa. Jadi informasinya harus bisa dipertanggungjawabkan," kata HD saat memberikan kata sambutan di Launching Aplikasi GIWANG.


Lebih lanjut ia mengatakan, ia mintak destinasi wisata ini ada kelasnya, misal pakai istilah melatih.

Kalau melatih satu fasilitasnya apa saja, lalu melatih dua hingga lima fasilitasnya apa dan lain-lain.

Lalu tonjolkanlah masing-masing potensi yang ada di kabupaten/kota.

Ia pun berpesan jangan sampai orang sudah jauh-jauh datang cuma bagus digambar tapi pas datang ke lokasi nggak ada apa-apa.

Maka harus ada yang ditonjolkan di Sumsel.

Kemudian tampilkan juga informasi tentang signal.


"Bagaimana orang tertarik setelah buka GIWANG dan bagaimana terpikir orang mau ke Sumsel, bisa dicontoh dari Bali. Gali informasi dan pelajari yang bisa didapatkan dari sana, sehingga sumber daya manusianya bisa ditingkatkan," pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel Aufa Syahrizal Sarkomi mengatakan, melalui aplikasi GIWANG akses bisa lebih luas dalam satu genggam. 

"Di aplikasi GIWANG ini nantinya akan menampilkan informasi objek wisata, wisata kuliner, sejarah, hotel, pusat perbelanjaan, kegiaatan acara, serta potensi pariwisata lainnya yang ada di Provinsi Sumsel," ungkapnya.

Aplikasi GIWANG ini bisa di didownload di play store dengan nama Giwang Sumsel. Di aplikasi GIWANG ini juga bisa mempromosikan produk UMKM di Sumsel.


Bahkan kedepan untuk pembayarannya juga bisa melalui perbankan.

Aufa menceritakan, penamaan GIWANG.

GIWANG itu anting-anting yang identik dengan kecantikan dan keindahan.



Untuk diharapankan semoga bisa mempromosikan keindahan dan kecantikan di Sumsel. (sripoku.com)