FESTIVAL SAGARURUNG PECAHKAN REKOR LEMBAGA PRESTASI INDONESIA DUNIA (Leprid)

Kabupaten PALI, - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Provinsi Sumatera Selatan, melalui Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) melaksanakan kegiatan Festival Sagarurung dengan menorehkan rekor dengan manggang dan makan ikan asap bumbu Sagarurung terbanyak dengan total 2022 ekor bertempat di Sanggar Pramuka Gelora November Kabupaten PALI Senin, (12/12/22).

 

Sebanyak 26 pelaku UMKM Sagarurung dilibatkan dalam pemecahan rekor tersebut adapun jenis ikan yang digunakan sebagai bahannya yaitu ikan nila, patin, dan ikan lele. Pemecahan rekor pertama dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID).

Pemecahan rekor pertama dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia ini diberikan langsung Ketua Umum LEPRID, Paulus Pangka, S.H kepada Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM didampingi Wabup Drs. H. Soemarjono serta Sekretaris Daerah Kartika Yanti, SH.,MH turut juga hadir Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan Dr. H. Aufa Syahrizal, S.P.,M.Sc serta tamu undangan dari ketua MASATA Babe Herlan dan rombongan.

 

Dalam sambutanya Bupati PALI menyampaikan “Sagarurung yang merupakan kuliner khas kabupaten penukal abab lematang ilir yang sudah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi dan juga telah mendapat sertifikat Hak Kekayaan Intelektual Komunal dari Kemenkumham pada tahun 2022 dan Bupati PALI menyampaikan harapannya agar kegiatan ini menjadi pembangkit semangat bagi pelaku usaha dan pariwisata di bumi serepat serasan.

 

Paulus Pangka langsung melakukan penilaian sesuai ketentuan dan peraturan yang sudah ditetapkan sebelum melakukan pemecahan rekor baru, menurut dia ini merupakan ide kreatif dan inovatif. Dimana menteri Pariwisata mengatakan bahwa wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung kesuatu daerah tak hanya melihat pemandangan saja tetapi juga wisata kuliner.

Rangkaian kegiatan tersebut juga melibatkan sanggar seni, lomba lagu daerah dan juga menyediakan stand-stand untuk pelaku UMKM.



 

 

#fastivalsagarurung

#payoberayaukepali

#wonderfullindonesia