Palembang 360, Cara Baru Jelajah Wisata Secara Virtual

Pemerintah kota Palembang melalui Dinas Pariwisata pada tanggal 20 juli 2022 me-launching program inovasi promosi kepariwisataan dan ekonomi kreatif kota Palembang secara digital berupa program PALEMBANG 360.

Program ini dirancang pada tahun 2020 sejak masa pandemi covid-19 terjadi dan menuntut gagasan inovasi dalam mempromosikan kepariwisataan ekonomi kreatif ditengah pandemi yang melanda sektor pariwisata di seluruh dunia. Perkembangan digital telah membuka cakrawala dunia yang terkoneksi tanpa batas melalui platform digital termasuk teknologi Virtual Reality (VR) yang memudahkan proses penyampaian informasi secara masif dan imersif berupa Virtual Tour 3600.

Berkolaborasi bersama Visual Anak Negeri, sebuah perusahaan digital media yang menawarkan konsep teknologi Virtual Tour 3600 bagi kota Palembang dari berbagai aspek termasuk pariwisata dan ekonomi kreatif telah menghadirkan sebuah program berbasis teknologi VR yang diberi nama PALEMBANG 360.

PALEMBANG 360 merupakan program promosi pariwisata digital yang pertama kali diluncurkan di Indonesia dengan konsep Virtual Tour 3600, menawarkan fasilitas layanan informasi kepariwisataan dan ekonomi kreatif kota Palembang secara imersif serta menampilkan pengalaman baru melihat kota Palembang dari aspek produk destinasi wisata unggulan maupun berbagai produk ekonomi kreatif.

Pemerintah kota Palembang melalui Dinas Pariwisata terus berupaya untuk mempromosikan dan memasarkan destinasi wisata kota Palembang melalui berbagai cara ditengah keterbatasan anggaran dan pandemi covid-19, PALEMBANG 360 diharapkan mampu meningkatkan minat dan keinginan wisatawan untuk berkunjung ke kota Palembang dengan kemudahan mengakses informasi detail serta tampilan layar foto destinasi wisata secara 3600 menjadi selling point dalam layanan ini.

Untuk menikmati layanan Virtual Tour 3600 pada PALEMBANG 360 anda dapat mengakses www.charmingpalembang.com yang dikelola secara langsung oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang. Terdapat lebih dari 15 destinasi wisata utama kota Palembang yang tersedia untuk layanan Virtual Tour 3600 dengan fasilitas Virtual Guide akan membantu memberikan sekilas informasi tentang destinasi wisata tersebut secara gratis. Selain itu tampilan foto yang disajikan juga berupa foto udara maupun foto-foto 3600 dibeberapa titik dari masing-masing destinasi wisata yang tersedia.

Dengan adanya layanan fasilitas Virtual Tour PALEMBANG 360 saat ini, diharapkan mampu meningkatkan minat dan daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara ke kota Palembang kedepan serta mampu menjadi penghasil devisa serta pendapatan asli daerah (PAD) terbesar bagi kota Palembang dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat seutuhnya.