Penampilan Tim Kesenian Kota Palembang Dinas Kebudayaan Kota Palembang di Acara Festival Sriwijaya ke-XXX Tahun 2022


Tadi malam (30/6) telah tampil Tim Kesenian Dinas Kebudayaan Kota Palembang berkolaborasi dengan@palembangartscouncil membawakan sebuah seni teater, musik, lagu dan tari dengan judul "SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II: Sang Harimau yang Tak Kenal Menyerah"

Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II adalah Sultan Palembang Darussalam yang ke -7. Beliau lahir di Palembang pada 23 November 1767. Terlahir dengan nama Raden Hasan Pangeran Ratu, ketika berusia 37 tahun, tepatnya, 12 April 1804 beliau naik tahta menggantikan ayahnya. Sejak itu, dia menjadi pemimpin Palembang Darussalam dengan gelar Sultan Mahmud Badaruddin. 

Semasa berkuasa, dia menghadapi penjajah Inggris dan Belanda, di antaranya adalah pertempuran melawan Inggris tahun 1811 dan perang Menteng melawan Belanda pada tahun 1819 yang keduanya dimenangkan oleh Palembang. Sampai keluar julukan "Never a Tame Tiger" dari pihak Inggris.

Lalu, pada pada tahun 1821, dengan segala kelicikan, politik adu domba dan tipu daya, akhirnya Belanda berhasil menguasai Palembang. Sultan Mahmud Badaruddin II dan keluarganya ditangkap dan dibawa ke Batavia, kemudian diasingkan ke Ternate. Meski demikian, tak sepatah kata “menyerah” keluar dari mulut Sultan Mahmud Badaruddin II.