Peserta Pelatihan Di Bekali Pengetahuan Tentang Pemajuan Kebudayaan dan Pengembangan Museum.

SEKAYU - Pelatihan Pendataan Cagar Budaya dan Tenaga Permuseuman yang di laksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) memasuki hari kedua Rabu (12/07/2022). dimana peserta yang berjumlah sebanyak 50 yang di bagi menjadi dua kelas itu terus dibekali pengetahuan dan pemahaman tentang pemajuan kebudayaan dan pengembangan museum.

Kepala Disdikbud Muba, Drs. Iskandar Syahriyanto, MH melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Muardi, S.Pd, MM menjelaskan selama 3 hari itu peserta akan di berikan pengetahuan dan wawasan bagaimana cara memajukan kebudayaan di Kabupaten Muba serta mengembangkan museum.

"Jadi materi yang di berikan beberapa narasumber ini mencakup secara keseluruhan mulai dari penganggaran program bidang kebudayaan oleh pemerintah, kemudian sosialisasi UU RI No. 5 Tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan,"jelasnya.

Selanjutnya tata kelola warisan budaya tak benda, kebijakan pengembangan permuseuman, manajemen permuseuman, visitasi museum, pelayanan publik museum.  "Selanjutnya tentang Konservasi, Restorasi dan preparasi koleksi museum, lalu tentang kebijakan pengelolaan koleksi museum hingga strategi publikasi koleksi museum,"bebernya. Dengan bekal wawasan yang telah di berikan, dirinya berharap para peserta dapat menjadi garda terdepan dalam pengembangan dan memajukan budaya di Bumi Serasan Sekate serta mampu mengembangkan museum Penghulu Muhammad Soleh sesuai dengan tujuan dan manfaat nya.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan , Meilani, M. Pd mengaku jika materi yang di berikan para narasumber sangat menarik dan bisa menjadi bekal untuk memajukan budaya di Kabupaten Muba.

"Selama ini kita sudah berusaha maksimal untuk menggali dan mengembangkan kebudayaan yang kita miliki. Nah, dengan adanya pelatihan ini kami memiliki bekal tambahan untuk melakukan pendataan terhadap cagar budaya sehingga bisa memajukan kebudayaan dan pengembangan museum ini,"tutupnya.(top)