Resmi Dibuka Pelatihan Cagar Budaya dan Tenaga Permuseuman Tahun 2023

Sekayu, Musi Banyuasin – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin Resmi membuka “Pelatihan Cagar Budaya dan Tenaga Permuseuman” selama Dua hari dimulai sejak 5 hingga 6 Juni 2023 di Museum Penghulu Muhammad Soleh, Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin.

Pelatihan di ikuti oleh Peserta dari berbagai kalangan Tim Pendataan Kebudayaan, Tenaga Permuseuman dan Komunitas Budaya di Kabupaten Musi Banyuasin. Kegiatan hari pertama hingga selesai sangat antusias di ikuti oleh peserta, dalam menggali dan melestarikan kebudayaan di Kabupaten Musi Banyuasin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Musi Banyuasin Dr. Iskandar Syahriyanto, MH. yang di Wakili Oleh Kepala Bidang Kebudayaan H. Muardi, S.Pd., MM, menggatakan, Pelaksanaan pelatihan Cagar Budaya dan Tenaga Permuseuman merupakan agenda kegiatan yang sangat baik sehingga dengan diadakan kegiatan ini akan mempermudah dalam Pendataan Cagar Budaya dan Tenaga Permuseuman acara pelatihan ini merupakan acara yang kedua dilakukan setelah tahun 2022 kemarin. diharapkan menjadi ruang ilmu pengetahuan dan mengasah lebih dalam lagi dalam mengali data cagar budaya dan tim tenaga permuseuman di Kabupaten Musi Banyuasin. Ungkap Muardi dalam sambutan

Hendri, S.Pd.,M.Si, Pamong Budaya Sebagai Pejabat Pelaksana Teknis (PPTK), mengatakan terus mendorong para penggiat dan pecinta budaya serta tim pendataan cagar budaya dan tenaga permuseuman serta Komunitas untuk menjadi tenaga yang profesional dalam bidang kebudayaan. Ada Sebelas (11) Pokok Pikiran Pemajuan Kebudayaan Daerah 10 Objek Pemajuan Kebudayaan dan 1 Cagar Budaya yang menjadi kunci dari segala kegiatan kebudayaan, sehingga dengan diadakan kegiatan ini diharapkan dari peserta bisa berkalaborasi dalam menggali Cagar Budaya serta informasi dari lapangan. Ungkap Hendri .

Sementara itu, salah satu peserta Pelatihan dari Komunitas MMB Yeyen mengungkapkan sangat mendukung dan bersyukur bisa mengikuti pelatihan ini yang pada awalnya kami belum terlalu paham mengenai Cagar Budaya dengan diadakan kegiatan seperti ini kami bisa lebih memahami manfaat dan fungsinya dan kami sangat antusias mengukiti kegiatan ini, Harapan kedepan nya bisa di adakan kegiatan kegiatan kebudayaan seperti ini lagi. Harapnya

Dalam pelaksanaan pelatihan Cagar Budaya dan Tenaga Permuseuman tersebut menghadirkan Narasumber Arkeologi dari provinsi Jambi dan Tenaga Ahli Cagar Budaya, dan Narasumber Tenaga Permuseuman dari Museum Negeri Sumatera Selatan.(ril)