TRAVEL TALK LIVE IG @APIAWARD MIDANG MORGE SIWE “LESTARIKAN BUDAYA SAMBIL BERGAYA”

Senin 13 Juni 2022, Anugerah Pesona Indonesia tahun 2022 mengadakan Travel talk LIVE IG bersama Bapak Ahmadin Ilyas, SE, M.Si selaku Plt. Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.OKI dan Bapak RM Rozali Anton selaku Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Kayuagung.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Masedy Masrur dan Lenny selaku pemandu acara Travel talk API Award yang membahas tentang Midang Morge Siwe “Lestarikan Budaya Sambil Bergaya”


Bapak RM Rozali Anton selaku Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Kayuagung mengatakan “Pariwisata merupakan suatu nilai tambah ekonomi yang sangat penting, karena semua orang bisa bergabung disana. Oleh karena itu selaku kita sebagai masyarakat yang cinta budaya harus mendukung dan menjaga nilai nilai budaya yang kita miliki”

“salah satu budaya yang kita miliki yaitu Midang Morge Siwe yang mengandung kearifan lokal yang di laksanakan pada hari ke 3 dan ke 4 hari raya Idul Fitri. Hal inilah yang mengharuskan kita sebagai generasi muda untuk saling menguatkan dan memberikan semangat akan budaya yang telah ada sejak berabad-abad lalu” tambah Bapak RM Rozali Anton.


Bapak Ahmadin Ilyas, SE, M.Si selaku Kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab.OKI mengatakan “Midang Morge Siwe merupakan tradisi yang sudah lama kita miliki dan berharap atraksi budaya ini harus melekat pada anak milenial pada masa ini. Strategi yang telah kita lakukan untuk mendukung Midang Morge Siwe pada ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun 2022 adalah meminta dukungan kepada Kepala Desa yang tersebar di seluruh Kabupaten Ogan Komering Ilir, dan juga mensosialisasikan kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir”.


“Harapan kedepannya kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. OKI untuk terus semangat dan mengembangkan ekosistem pariwisata, bagaimana kita mengajak semua stekholder menjadikan pariwisata Kab. OKI untuk terus dikembangkan bersama-sama” ucap Bapak RM Rozali Anton.

“Kepada semua masyarakat yang ingin berkunjung ke Kab.OKI kita akan menyambut baik kedatangan mereka tentunya dengan keberagaman adat istiadat yang dimiliki Kab.OKI” tambah Bapak Ahmadin Ilyas, SE, M.SI.

travel talk APIaward berjalan dengan lancar dan di akhiri dengan penutupan pantun :
Pergi ke restoran makan sushi
Jangan lupa minun kopi
Midang morge siwe masuk nominasi
Ayo dukung agar menang diajang api
 
Sungguh indah si bunga anyelir
Cantik warnanya, harum baunya
Ada atraksi budaya unik dari Ogan Komering Ilir
Midang Morge Siwe kami menyebutnya

Sumber: https://itsoki.kaboki.go.id/web/travel-talk-live-ig-apiaward-midang-morge-siwe-lestarikan-budaya-sambil-bergaya/